Friday, August 05, 2005

Bedah Software Illustrasi

Di berbagai media advertising, designer memerlukan software ilustrasi untuk membuat grafis vector berupa logo atau ilustrasi lainnya.
Ada beberapa software yang dipakai di pasaran, antara lain: CorelDRAW, Macromedia Freehand, dan Adobe Illustrator. Banyak designer grafis yang menguasai salah satu dari program-program tersebut atau mungkin semuanya. Nah, bagi Anda yang baru menguasai salah satunya, Anda dapat menggunakan kunci-kunci berikut ini untuk membedah software-software tersebut.

1. Pelajari Pembuatan Garis (path/stroke) dan bentuk bebas (Freeform/Freehand) Berikut penerapan ukuran.
Di Freehand dan Illustrator menggunakan Pen Tool untuk garis lurus atau menggunakan penghubung titik dan Pencil tool untuk garis bebas. Sedangkan di CorelDRAW menggunakan Bezier Tool untuk garis lurus atau menggunakan Freehand Tool untuk garis bebas. Untuk ukuran pada Freehand Anda lihat pada status bar, Illustrator pada kotak Page Setup. Untuk CorelDRAW pada Property bar di bagian atas.








2. Pelajari Pembuatan bentuk, seperti: Rectangle (kotak), Ellipse/Oval, Polygon (segi banyak/bintang).
Pembuatan bentuk Rectangle (kotak) bisa berupa kotak bujursangkar (waktu menggambar sambil menekan tombol SHIFT pada Freehand/Illustrator sedangkan di CorelDRAW sambil menggambar tekan CTRL). Untuk persegi panjang gambar langsung sesuai kebutuhan. Menggambar Ellipse/Oval sama juga dengan Rectangle. Sedangkan untuk menggambar Polygon atau Bintang sebaiknya Anda Double click terlebih dahulu Polygon Tool (Freehand), Pilih Polygon Tool pada Corel kemudian tentukan polygon atau Star pada Property bar. Untuk Illustrator klik mouse setelah memilih Polygon/Star tool untuk mengedit ukuran.






3. Pelajari cara pemberian warna garis (Path/Stroke) dan warna isi (Fill) serta Gradient (gradasi).
Warna Garis dan ketebalan garis dipilih dari Stroke tool dan Fill untuk isi.

4. Pelajari tehnik overlapping (tumpang-tindih obyek).
Overlapping (efek tumpang tindih) di Freehand pada menu Modify : Arrange. Di Corel pada menu Arrange : Order. Pada Illustrator pada menu Object : Arrange. Atau gunakan CTRL + Panah kursor ke atas/ ke bawah pada Freehand. CTRL + PgDown, CTRL + PgUp pada Corel. CTRL + [ atau CTRL + ] pada Illustrator.
5. Pelajari perataan/pelurusan obyek (Alignment).
Pada Freehand pilih dari menu Modify : Align. Pada Illustrator, ambil dari Panel Align yang bisa diaktifkan dari menu Window : Show Align. Sedangkan di CorelDRAW ambil dari menu Arrange : Align and Distribute.
6. Pelajari Tranforming obyek (memperbesar-memperkecil/Scale, Memindah/Move, Memiringkan/Skew, Memutar/Rotate, Membalik/Mirror/Reflect.
Pada Freehand ambil dari menu Modify : Tranforms. Di CorelDRAW pada menu Arrange : Transformations. Di Illustrator pada panel Transform, yang diaktifkan dari menu Window : Show Transform.
7. Pelajari Penggunakan Text (Artistic Text dan Paragraph Text).
Gunakan Text tool untuk membuat Text. Kalau Anda klik - kemudian Anda ketik, berarti Anda membuat Artistic Text. Sedangkan kalau Anda blok area kemudian Anda ketik, berarti Anda membuat paragraph text. Untuk logo biasanya menggunakan Artistic Text.

Untuk membuat text mengikuti garis (path) pada Freehand, klik/aktifkan garis yang akan diikuti text kemudian pilih menu Text : Attach to Path. Sedangkan untuk membuat text menjadi obyek yang bisa dipecah-pecah gunakan menu Text : Convert to Path.

Untuk membuat text mengikuti garis (path) pada CorelDRAW, klik/aktifkan text yang akan diikutkan ke path dan juga path harus sudah dibuat. Kemudian pilih menu Text : Fit Text to Path. Sedangkan untuk memecah text menjadi obyek, pilih menu Arrange : Convert to Curve.

Untuk membuat text mengikuti garis (path) pada Illustrator, aktifkan garis kemudian pilih Type Tool yang sesuai yaitu Path Type Tool. Sedangkan untuk memecah text menjadi obyek, pilih menu Type : Create Oulines.


8. Pelajari Penggabungan Obyek.
Pada Freehand, ambil menu penggabungan dari menu Modify : Combine. Pada CorelDRAW pada menu Arrange : Shapping. Sedangkan pada Illustrator pada panel Pathfinder yang bisa diaktifkan dari menu Window : Show Pathfinder.

9. Pelajari Pemuatan Gambar pixel/raster ke dalam obyek vector.

Pada Freehand, gunakan Edit : Cut, kemudian Edit : Paste Inside. Pada CorelDRAW gunakan menu Effects : PowerClip : Place Inside Container. Pada Illustrator, blok obyek dan gambar kemudian pilih menu Object : Clipping Mask : Make.

Nah, kalau Anda sudah menguasai trik-trik tersebut Anda akan mudah mengembangkan kemampuan Anda ke fungsi-fungsi yang lainnya. Dan kalau ada pertanyaan kirimkan email ke sunardipw@yahoo.com. Atau kalau Anda ingin Tutorial Freehand GRATIS dalam bentuk document Word - hubungi via email.

2 comments:

  1. halo mas nardi... kita sesama illustrator added nampaknya, aku suka efek2 yg manis...

    ReplyDelete
  2. hallo mas nardi... kita sesama illustrator addicted nampaknya, efek2nya manis dan sesuai yg kita inginkan...

    masih belajaran mas... www.kopimorning.com/gallery

    ***
    oya... sampeyan bener... laptop dilarang naek ranjang hehehe...

    http://kopimorning.blogspot.com/

    ReplyDelete