Friday, January 23, 2009

What is Design?

Paling susah ngejelasin profesiku ke temen-temen di kampung, mertua, paman, tante, etek, mamak, temen SMA, teman SD yang jumpa dan nanya, kerjanya apa?

Ternyata jawabannya gak bisa benar-benar memuaskan jika dijawab desainer grafis. Karena pasti ada pertanyaan lanjutan setelahnya.
Desain Grafis? Apa tuh? Susah neranginnya dengan dua atau tiga kata sederhana saja.

Dalam tempo mikirin itu bolak-balik ngeliat video ini.

http://www.youtube.com/watch?v=3mxbLd9r4Sc
Tapi Tetap aja bingung. Gimana milih 2 atau 3 kata saja yang bisa dimengerti oleh Bapak/Ibu di kampung tentang apa pekerjaanku. :)

2 comments:

  1. Tidak perlu bingung, tak perlu risau. Sampaikan saja dengan kata-kata yang mudah dimengerti. Tak perlu dengan pakai istilah-istilah, ya,,, bahasa sehari-hari lah.
    Sama halnya ketika saya menutuskan jadi seorang jurnalis, semula orang mikir apa itu wartawan, apakah bisa hidup. Tapi berkat keyakinan, diiring kerja keras yang disertai doa dan ikhlas dalam bekerja, Allah akan membukakan pintu rahmat-Nya. Alhamdulillah sudah 20 tahun berjalan. he,,, he....., kayak ustad aja.

    ReplyDelete
  2. He.. he setuju dengan pendapat yasril, emang kadang orang berpandangan 'miring' tentang profesi yang 'nggak jelas', saya juga seorang desainer grafis, dulu waktu masih di Solo, sulit banget hidup di 'ladang' ini, 'n akibatnya banyak orang (termasuk ortu) memicingkan mata pada profesi desain grafis. Tapi waktu dan ketekunan membawaku untuk hijrah ke Bali sampe sekarang. Di sini aku bisa 100% menjadi seorang desainer, klienku 90% dari luar negeri, penghasilan ? 10-20jt perbulan bisa masuk kantong.. so ? nggak ada hal yang harus dijelaskan lagi kan ? 'mereka' cuman butuh bukti..

    ReplyDelete