Thursday, March 29, 2007

Bermasalah dengan InDesign?

Kasus:
Aku design layout buku pake InDesign CS2 version. 4.0.
Sementera di Percetakan dibuka pake InDesign CS (1) vesion 3.0.
Masalah 1: File tidak bisa dibuka...
Akhirnya diexport jadi file Interchange (.INX). Tetap gak mau dibuka...

Solusi:
Akhirnya download up-dated InDesign CS vesion 3.0.1 April 2005 di www.adobe.com/support/download dan diinstall... ke komputer yang pake InDesign CS version 3.0.
Kemudian dibuka file INX nya. Masalah yang timbul selanjutnya adalah gambarnya jadi nggak ngelink.... jadi terpaksa di link ulang. Setelah itu baru disimpan file tersebut ke file .INDD lagi. Baru bisa dibuka di versi InDesign CS versi 3.0 dipercetakan.

50 x 2 = cepek dech...!

Semoga yang kena masalah yang sama posting ini bisa membantu....

5 comments:

  1. Wahh thx bos.. udah frustasi saya .. sangkain harus buat ulang pake cs T_T..

    ReplyDelete
  2. thanks udah mampir. Senang posting ini bisa bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. Anonymous3:53 PM

    mau tanya nih!!
    gimana caranya masukin tulisan arab ke indesign saya sudah ketik di word tulisan arabnya tapi ketika diplace atau dipaste ke indesign jadi berantakan..
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
  4. saya sama kasusnya seperti "anonymous" harusnya pembacaan bhs arab dari kanan ke kiri, tetapi saat di in design jadi berubah dari kiri ke kanan, sehingga berantakan dan tidak sesuai dengan file yg di inginkan..

    mohon bantuannya....

    ReplyDelete
  5. Untuk Anonymous dan iroen. Kalau Anda menggunakan Adobe InDesign CS3 saya belum menemukan jawabannya. Tetapi kalau yang CS4 sepertinya ada script/plug ins khusus yang bisa diinstall. Tetapi saya belum menemukan yang tidak berbayar.
    Berikut contohnya:
    http://indesignsecrets.com/a-modern-day-chanukah-miracle-right-to-left-language-features-come-to-life-in-indesign-cs4.php

    ReplyDelete